DAMPAK TEKNOLOGI DAN INFORMASI DALAM MENINGKATAKAN KUALITAS PELAYANAN PADA MTsN 1 SUKAMARA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Penulis

  • Muhammad Yunus Rangkuti STMIK MIC Cikarang
  • Jonisar Jonisar SD Muhammadiyah 03 Kreatif Pamulang
  • Misbah Misbah Kementerian Agama
  • Iim Wasliman Universitas Islam Nusantara
  • Yosal Iriantara Universitas Islam Nusantara

Kata Kunci:

Dampak, Teknologi Informasi, Kualitas Pelayananan

Abstrak

Seiring dengan perkembangan jaman, perkembangan teknologi pun semakain pesat. Hampir diseluruh penjuru dunia menggunakan teknologi informasi. Kehadiran teknologi informasi sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Kehadirannya membawa perubahan yang sangat berarti dan mampu mempermudah manusia dalam mengerjakan pekerjaan dan menjalani kehidupannya. Salah satunya bagi bidang layanan, teknologi sangat membantu dalam memberikan pelayanan di tempat-tempat pendidikan. Teknologi informasi dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan menjadi lebih baik.Dalam penelitian ini penulis akan menganalisis bagaimana teknologi informasi mampu mempengaruhi kualitas pelayanan administrasi di sekolah untuk lebih mempermudah pekerjaan para administrator untuk bekerja MTs Negeri 1 Sukamara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sukamara Kalimantan Tengah. Dalam menentukan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih informan kunci. Dari penelitian yang dilakukan  diketahui berbagai langkah yang dilakukan oleh MTSN 1 Sukamara melakukan optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Sekolah. memotivasi para guru secara personal untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Memberikan workshop maupun pelatihan-pelatihan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pelaksanaan pembelajaran, baik pelatihan yang dilaksanakan secara mandiri maupun pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak

Referensi

Rochaety Eti, (2006)Rahayuningsih Pontjorini, Prima Gusti Yanthi, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006). h. 85

Sarlito. W. Sarwono, (2010) Psikologi Remaja (Cet XIII; Jakarta: Raja Grafindo, 2010), h. 139.

Wardana, Ainal (2017)”Hubungan Implementasi Total Quality Manajemen (TQM) Dengan Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi di SMA Negeri 11 Makassar”, Skripsi. Makassar: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

Eric Deeson, (1991)., Dictionary of Information Technology, Harper Collins Publishers Glasgow,UK.

Menkominfo. 2017. Penetrasi Internet 2017 naik, Pengguna Masih Dominan di Wilayah Urban. Diakses melalui https://kominfo.go.id/penetrasi-internet2017-naik-pengguna-masih-dominan-di-wilayah-urban

Uno, Hamzah.H, 2010.Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, Bumi aksara, Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-14

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama