MODEL DIKLAT UNTUK PENINGKATAN KINERJA BIROKRASI PENDIDIKAN

Penulis

  • Rasma Afifah MTsN 4 Tabalong
  • Siti Mas’amah MTsN 4 Tabalong
  • Achmat Sudrajat Baznas RI
  • Iim Wasliman Universitas Islam Nusantara
  • Yosal Iriantara Universitas Islam Nusantara

Kata Kunci:

Pendidikan, Pelatihan, Kinerja, Birokrasi

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan  teknologi digital 4.0 di era globalisasi dan moderenisasi seperti saat ini, manajemen sumber daya manusia memiliki peran dalam menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan berkompeten. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan harapan tenaga kerja yang berkualitas dan berkompeten diperlukan adanya pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan atau secara bertahap sesuai dengan jenjang keahlian dan keterampilannya. Praktek pendidikan dan pelatihan diharapkan dapat mengembangkan PNS sesuai dengan kompetensinya dapat menggunakan keahliannya sesuai dengan perubahan teknologi, PNS akan lebih berorientasi pada pengembangan instansi, meningkatkan kinerja PNS dan untuk pengembangan karir, sehingga adanya diklat diharapkan akan dapat meningkatkan pertumbuhan pribadi setiap PNS.Untuk meningkatkan mutu pendidikan, guru dituntut memiliki sejumlah kompetensi dan pengalaman yang memadai untuk menciptakan kinerja guru yang baik. Peningkatan kemampuan tersebut dapat diperoleh melalui Diklat dan pengembangan-pengembangan profesi guru seperti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) melalui hal tersebut guru diharapkan memperoleh penyegaran-penyegaran, peningkatan efisiensi dan efektifitas kerja. Adapun birokrasi dapat dipahami sebagai prosedur kerja, sistem keorganisasian, dan kekuasaan untuk mengambil keputusan. Peran birokrasi dan partisipasi masyarakat sebagai kontrol pendidikan nasional merupakan fungsi birokrasi itu sendiri, mengontrol tugas pokok dan fungsi birokrasi pendidikan hingga pelaksanaan proses pendidikan di daerah supaya berjalan dengan baik.

Referensi

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Daryanto, Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media

Hasibuan, H. Malayu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

H.A.R Tilaar. 2009. Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ketut, I, Dartha. 2010. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat Daerah Kota Malang. Jurnal Ekonomi MODERNISASI. Volume 6, Nomor 2.

Lijan Poltak Sinambela. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Mmebangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mangkunegara, Anwar, Prabu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda karya

Muhammad, Rifai. 2011. Politik Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Musfah, Jejen. 2015. Manajemen Pendidikan: Teori, Kebijakan, dan Praktik. Prenadamedia. Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Rais, M. 2019. Pengaruh Diklat Terhadap Kinerja Guru Madrasah Di Kota Manado. Jurnal “Al-Qalam” Volume 25 Nomor 1.

Sastrohadiwiryo, S. 2002. Manajemen Tenaga Kerja. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswanto, Sastrohadiwiryo, B. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Suradji. 2006. Manajemen Kepegawaian Negara (Modul Pendidikan Dan Pelatihan Prajabatan Golongan III). Jakarta : Lembaga Administrasi Negara - Republik Indonesia.

Thoha, Miftah. 2012. Birokrasi Pemerintahan dan Kekuasaan di Indonesia. Yogyakarta: Thafa Media.

Wayne K. Hoy dan Cecil G. Miskel. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset dan Praktek, diterjemahkan dari Educational Administration: Teory, Research and practice oleh Daryatno dan Rianayati K. Pancasari. 2014. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yoyon, Bahtiar, Irianto. 2012. Kebijakan Pembaharuan Pendidikan: Konsep, Teori dan Model. Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Persada.

Zamroni. 2007. Pendidikan dan Demokrasi dalam Transisi (Prakondisi Menuju Era Globalisasi). Jakarta: PSAP Muhammadiyah

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-14