Pengaruh Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta KIS di RSUD Berkah Kabupaten Pandeglang Tahun 2020

Penulis

  • Widyanani STISIP Banten Raya

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta KIS Di RSUD Berkah Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dimana jumlah sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 30 pegawai. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakkan observasi dan penyebaran kuesionare kepada seluruh anggota responden. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan ketentuan jika thitung > ttabel  maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian SPSS v.21 didapat hasil 5.600 > 2,042, dengan tingkat signifikansi sebesar  0,000 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta KIS Di RSUD Berkah Kabupaten Pandeglang. Sedangkan nilai korelasi sebesar 0,727 atau 72,7 % pada table interpretasi koefisoen korelasi angka ini berada pada rentang antara 0,60 – 0,799 dan mempunyai tingkat pengaruh kuat, artinya apabila kualitas pelayanan kesehatan dilaksanakan dengan standar operasional prosedur yang baik maka kepuasan pasien peserta KIS akan meningkat pula.Berdasarkan hasil pengujian signifikansi dengan ketentuan jika Fhitung > Ftabel  maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian SPSS v.16 didapat hasil 31.365 > 2,042, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta KIS Di RSUD Berkah Kabupaten Pandeglang.

 

Kata Kunci : Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, Peserta KIS

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-30